Preface...


"kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudra agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5 sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita" Soekarno.

Coba kita renungkan ungkapan pemimpin besar revolusi indonesia.... Tidakkah bangsa kita sekarang jauh lebih terpuruk dari sekedar bangsa kuli??!! apa yang salah dari negara kita?. Massa depan adalah milik kita... tunjukkan kiprah kita, bukankah... tidak akan ada kata terlambat, bagi orang orang yang mau berbuat?!... MERDEKA!!!.


Strain Amplifier


Ada yang minat tahu tentang alat ini??? he3x... bagi temen temen yang sering berjumpa dengan sensor yang namanya strain gage pastilah tidak asing dengan alat satu ini. Yuppzz... namanya juga amplifier, fungsinya ngga jauh-jauh dari sebuah penguat. Strain amplifier digunakan untuk memperkuat perubahan tegangan dari jembatan wheatstone yang telah dikondisikan dengan strain gage. Strain amplifier kalo beli harganya, yang kualitas paling cacingan, sekitar 10 sampai 15 juta. Bagi teman-teman yang ingin membangun sendiri alat ini... saya punya tips op-amp yang bisa digunakan. MAX4194 micropower, single supplay, rail to rail op-amp, Op-amp ini bisa dimasukkan dalam jajaran op-amp canggih yang bisa didapat di dalam negeri, tanpa harus berurusan dengan fedex atau DHL. Harganya?? hmm.. yaaaa.. rada mahal dikitlah, namanya juga op-amp canggih.... harganya Rp 110 rb/pcs, sangat jauh jika dibandingkan OP-07 yang cuma 5000/pcs. berikut adalah rangkaian sederhana pemakaiannya,

Klik aja gambarnya biar keliatan gede. Bulan juli kemaren saya membuat strain amplifier untuk monitoring sebuah batang kantilever untuk suatu perusahaan di Surabaya, dan hasilnya... sangat handal dan tidak mengecewakan. Hasil output amplifiernya-pun... sangat bagus. tinggal kita desain filter-nya dan rangkaian electronik pendukung laennya juga jangan kalah bagus :). ok... bagi yang mo mencoba, silahkan mencoba, bagi yang engga mo nyoba... tolong didoain ajah biar teman-teman yang nyoba berhasil ha3x..., ini gambar strain amplifier hasil rakitan, mungkin kedepannya kita bisa bikin yang lebih berkualitas komersial he3x... tunggu tanggal maennya.


5 komentar:

Anonim mengatakan...

budiiii masih hidup kau... piye kabare?? akhirnya, ketemu juga, kapan pulang??? ayo ngeband??!!...... diperjelas donk...!!! serinci-rincinya, aku mo bikin buat timbangan truck, bisa kan??. thanks!!!!!

Anonim mengatakan...

Waaahhh... kamu hebat bisa bikin blog sendiri. Dikirain gaptek...!!!
Beda kalo orang pinter, pura-pura gak bisa padahal emang gak bisa..
huahahahahaha....
Salam buat asistenmu yang cantik.

Anonim mengatakan...

woooiiii....boudi-boudi.com akhire berubah dadi b-arifianto.blogspot.com....
Hebat kwe bud....ayo maju terus...merdeka!!!
masio elek, uwong2 koyok kwe iki dibutohne negoro...
peace..!!!


miss u,.....
mpron

Pandu mengatakan...

mas, makasih infonya. tak coba dulu yah,,

keep posting.. :)

Hasrijal Haddade mengatakan...

untuk pemesanan gimn carax mas???ada nomor tlpn yg bisa dihubungi???