Preface...


"kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudra agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5 sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita" Soekarno.

Coba kita renungkan ungkapan pemimpin besar revolusi indonesia.... Tidakkah bangsa kita sekarang jauh lebih terpuruk dari sekedar bangsa kuli??!! apa yang salah dari negara kita?. Massa depan adalah milik kita... tunjukkan kiprah kita, bukankah... tidak akan ada kata terlambat, bagi orang orang yang mau berbuat?!... MERDEKA!!!.


ePC (easy programmable controller)


Satu lagi terobosan anak bangsa :), kreasi manusia-manusia lulusan ITB bandung yang menamakan diri BAMEC, mereka telah berhasil menciptakan sebuah PLC dengan metoda pemrograman flowchart. "ePC (easy programmable controller) " yuppzz.. seperti itulah alat ini diberi nama. Saat melihat cara kerjanya, saya begitu terkagum dengan PLC satu ini, begitu mudah, simple, dan mungkin siswa SD-pun sudah bisa mulai diperkenalkan cara pemakaiannya. ePC hanya dibangun dari core mikrokontroller ATMEGA8535.



Satu hal yang semakin menambah keyakinanku, bahwa bangsa kita bukanlah bangsa bodoh. Kita bisa menjadi bangsa yang memiliki martabat tinggi, dengan penguasaan teknologi yang maju. Ok... tetap semangat berkreasi untuk rekan-rekan BAMEC..:)...

4 komentar:

awamnet mengatakan...

met mlm mas...sy mo tanya gmn cara kerja ePC( easy programable controller)itu...bisa di aplikasikan untuk apa saja....soalnya gini mas..sy dpt modul ePC maaf bukan untuk melecehkan...dari loakan sy beli dgn harga 10rb aja...sy perhatikan sayang komponen seperti ini ada bukan pada tempatnya....sy cari diweb bamec ini.....ternyata ada...sekian trim atas bantuan nya

B. Arifianto, ST mengatakan...

Maaf, lama balesnya yah... saya lg diluar kota. weittttzzzzz... ternyata dah nyampe loakan yah :P,,, Cara kerjanya sama dengan PLC pada umumnya, karena itu merupakan PLC, sebagaimana PLC-PLC yang lain,, itu juga ada softwarenya namanya proChart, mekanisme pemrogramannya juga sangat gampang, dengan menggunakan diagram alir saja. Jika memang itu masih jalan... wah berarti anda beruntung, membeli PLC dengan cuma harga 10 ribu.

Anonim mengatakan...

ass
mas saya mu nanya kebetulan saya
lagi mengerjakan tugas akhir menggunakan EPC

tp kemaren tiba2 rusak
sy dah coba ganti IC nya tp ttp g bs

klo di ITB yg mengerti ttg EPC bd menghubungi siapa y??

terima kasih

Unknown mengatakan...

GImana ndapetinnya, webnya atau kontak personnya, tutorialnya, dokumentasi, dll.. thanks